Sepiring Siomay Saat Diet, Kenapa Tidak?

Seporsi Siomay dengan Siraman Bumbu Kacang Saat Diet ? Kenapa Tidak ?

.
Kalau ada yang bilang makanan untuk diet itu nggak ada yang enak, jangan langsung percaya. Itu hoax. Yang bilang begitu cuma belum tahu cara untuk membuat makanan diet supaya menjadi enak. Tidak  percaya ? Silakan lihat menu siomay untuk diet yang akan saya bagikan. Perhatikan baik-baik resepnya, coba buat sendiri dan......silakan dinikmati. Coba bilang, apanya yang nggak enak ?
.
Siomay ini berbahan dasar daging ayam giling, tahu, kentang, wortel, labu siam dan kol ditambah dengan sagu. Bumbu kacangnya dimatangkan dengan cara disangrai, bukan digoreng sehingga aman untuk diet.

Dalam seporsi siomay ini sudah terdapat karbohidrat dari kentang dan sagu tani, protein hewani dari daging ayam, protein nabati dari tahu dan kacang tanah,  serta vitamin dari wortel, kol dan labu siam. Kurang sehat bagaimana ? Kamu hanya perlu menambahkan sepiring kecil potongan buah pepaya, apel, melon, nanas atau buah-buahan lain yang aman untuk diet.

Tertarik untuk mencoba ? Yuk, simak resepnya.
.

Siomay Ayam Komplit
.
Bahan :

100 gr daging ayam giling
1 buah tahu kuning ukuran kecil
Separuh wortel ukuran kecil
Satu buah labu siam mini, rebus sebentar
Sebuah kentang ukuran sedang
Selembar kol
Sebatang kecil daun bawang, iris tipis
1 siung bawang putih
⅓ sdt lada
3 sdm sagu tani
garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya
Air putih secukupnya
.

Bumbu kacang :

5 sdm  kacang tanah, sangrai
2 buah cabe rawit
1 siung bawang putih
Sepotong kecil gula merah
Garam secukupnya
Separuh jeruk limo
½ gelas air putih

Cara membuat :

Siomay :
.
Kupas wortel, parut dengan parutan keju.
Haluskan labu siam mini dengan batu ulekan yang dibungkus plastik.
Haluskan lada dan bawang putih.
Kentang dikupas, belah dua.
Campurkan ayam giling dengan bumbu halus, wortel parut dan labu siam halus. Tambahkan sagu tani dan daun bawang iris. Beri garam dan kaldu ayam bubuk. Tambahkan air secukupnya. Ingat, adonan jangan sampai lembek, cukup asal bisa diambil dengan sendok.

Panaskan kukusan. Ambil tahu kuning, belah dua sehingga menjadi tipis. Tempelkan adonan siomay pada kedua permukaan tahu dengan ketebalan 1 cm.

Ambil kentang, kerat-kerat dengan ujung pisau permukaan yang bagian rata, supaya adonan siomay bisa menempel. Tempelkan adonan siomay dengan ketebalan 1 cm. Bulatkan sisa adonan siomay dengan dua buah sendok sehingga menjadi beberapa bulatan.

Alasi dasar kukusan dengan daun pisang supaya siomay tidak menempel. Kukus bulatan adonan siomay, tahu, kentang dan selembar kol bersamaan. Kukus selama kira-kira 15  menit.

Ambil selembar kol yang sudah matang, letakkan di piring datar. Lipat kedua tepinya  ke arah dalam lalu gulung dari pinggirnya.

Buat bumbu kacang. Blender halus kacang sangrai bersama dengan cabe rawit, bawang putih dan setengah gelas air. Masukkan ke dalam panci kecil. Tambahkan gula merah dan garam. Masak selama lima menit sambil diaduk. Tambahkan air jika terlalu kental

Tata bulatan siomay, tahu, kentang dan kol ke dalam piring. Siram dengan bumbu kacang lalu percikkan separuh jeruk limo. Seporsi siomay siap dinikmati.




Komentar

  1. Mbak....jadi pengen cobain nih. Klo bumbu kacang disangrai makin enak ya? Mamaku pernah buat tapi bumbu gado-gado dulu...jadi pengen siomay dan gado-gado nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacang disangrai lebih enak dan nggak berminyak. Cobain deh ...

      Hapus
  2. Pas banget dr kmrin pengin simoay tp takut mau keluar jajan di luar. Mending bebikinan aja yaa sambil ngabuburit, noted resepnnya mbak. Mumpung ada semua bahan2nya di rumah. Ehehee

    BalasHapus
  3. Ini kesukaan anak-anakku. Mau coba ah resepnya Mbak.
    Buat sendiri saat #dirumahsaja bakal makin seru karena semua anggota keluarga bisa ikutan bantu deh. hehe.

    BalasHapus
  4. Wah, masukkan ke bintang dulu nih, biar bisa dicoba. Diet sukses nih, kalau menunya juga sehat begini ☺

    BalasHapus
  5. Wow somay salah satu jajanan fav keluargaku ini. Tq banget mba resepnya. Dirumah aja bakalan seru kalau nyobain resep ini bareng anak-anak.

    BalasHapus
  6. Siomay juga salah satu makanan kesukaanku, apalagi disantap pas masih terasa panas.
    Terimakasih buat resep siomay yang bisa dicobain bikin dirumah.

    BalasHapus
  7. duh pas banget ini buat camilan buka puasa...baca ini siang2 jadi ngiler yaa haha. terimakasih kak resepnyaa

    BalasHapus
  8. Baru tau cara membuat Siomay, selama ini selalu beli kalau ada mang penjual Siomay lewat, yang paling ane suka bumbu kacangnya kayaknya khas sekali.

    Patut di coba nie resepnya.

    BalasHapus
  9. Makanan enak nih, saya dan anak-anak juga suka banget. Selama ini, saya belum pernah coba bikin, sih. Melihat tulisan ini, jadinya pengen bikin juga di rumah.

    BalasHapus
  10. kalau siomay sih emang enak enaknya di gado alias dibuat camilan hehe. bukan buat pengganti nasi kata pecinta nasi macam saya begini

    BalasHapus
  11. Wow saya pun pernah bikin siomay dan enak banget. Pertama kali bikin ya karena Korona ini. Korona emang membawa berkah ya. Hihi

    BalasHapus
  12. waaah saya juga suka siomay tapi belum pernah bikinnya sih mbak, kalau dimakam anget anget sambil dicocol sambel kacang. Mantaaapp!!

    BalasHapus
  13. Aduh saya doyan banget nih siomay dan aneka jenis cemilan lainnya hehe

    BalasHapus
  14. Somay ini enak banget, saya juga suka. Pas diet kenapa enggak, hihi ... Saya jadi inget baso tahu kalau lihat postingannya ibu. Ada resepnya juga, asyik. Mau coba ah ntar bikin sendiri

    BalasHapus
  15. Auto lapar ha ha ha. Menurutku somay tergolong makanan enak yang sulit ditolak. Dikata died juga tetep aja mau. Apa lagi di resep ini ada wortel juga. Pas nih buat makan siang.

    BalasHapus
  16. duuuh, baca ini jam segini jadi auto-lapar deh, saya juga suka siomay tapi belum pernah buat sendiri sih. kapan2 mau jugalah buat apalagi udah dapat resepnya gini, makasih ya Kak :)

    BalasHapus
  17. Yummy. Simple saja ya bahan-bahannya, jadi pengin coba. Akhir-akhir ini selama gak bisa jajan siomay di luar saya beli siomay frozen ke tetangga. Meskipun rasanya lumayan pasinya beda sama yang fresh kayak gini ya.

    BalasHapus
  18. Yang penting Karbo nya diperhatikan juga ya kak, diet asik dengan siomay malah bikin asik karena disuka siapa saja nih siomay

    BalasHapus
  19. Saya suka Makan Si-Omay, rasa bumbu bersahabat dengan perut saya. Tapi kalau untuk diet , jangankan sepiring, tiga piring juga kenapa ngak sih....haha.

    BalasHapus
  20. Ini nih yang bikin ngiler. Aku suka banget lho sama makanan satu ini. Tapi nggak bisa dan nggak telaten bikin sendiri.

    BalasHapus
  21. Duh, baca judulnya pas dini hari kayak gini fix dong jadi pengen makan siomay juga. Lapeeer bookkkk, bisa nih entar siang cari tukang siomay, maklum belum bisa bikin sendiri hehe

    BalasHapus
  22. Wiih.. ini camilan kesukaan saya mbak.. auto catet untuk dicoba! Yang Gak program diet bisa coba kan?

    BalasHapus
  23. Wah makasi mbaa buat resepnya, aku auto catet karena masih blm bisa bagus kalo bikin di rumah hehe

    BalasHapus

Posting Komentar