DARI SEPOTONG FILLET AYAM

APA SAJA YANG BISA DIBUAT DARI SEPOTONG FILLET AYAM ?

Lagi kepingin masak tapi belum sempat belanja, cari-cari di kulkas cuma ketemu sepotong fillet ayam. Hidangan apa yang yang bisa dibuat dari fillet ayam ? Cukup banyak sebenarnya,  lumayan gampang juga  mengolahnya karena fillet ayam kan sudah tidak ada kulit dan tulang ayamnya, tinggal dicuci sebentar saja. Kabar baiknya lagi, olahan dari fillet ayam ini sangat disukai oleh anak-anak karena menyerupai yang biasa mereka beli di gerai makanan cepat saji. Apa saja jenisnya ? berikut hidangan yang biasa saya buat dari fillet ayam.


Chicken Terriyaki

Bahan :

500 gr fillet ayam

1sdt lada
3 siung bawang putih
1 buah bawang bombay ukuran besar
garam secukupnya 
kaldu bubuk secukupnya
3 sdm minyak goreng
200 ml air
2 sdm saus teriyaki
2 sdm kecap manis

Cara membuat :


Fillet ayam dipotong agak tipis panjang-panjang (kira-kira 1x5 cm).

Haluskan 1 sdt lada dengan 3 siung bawang putih
Iris bawang bombay agak tipis panjang-panjang.
Panaskan 3 sdm minyak goreng, masukkan lada dan bawang putih, tumis sampai berbau harum. Masukkan fillet ayam, aduk-aduk sampai berubah warna, tambahkan air 200 ml. Beri garam dan kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur non msg). Aduk terus sampai ayam matang dan air berkurang, tambahkan  saus terriyaki kecap manis. Terakhir masukkan bawang bombay, aduk-aduk sebentar (1 menit), angkat.

Chicken Strip, Chicken Katsu, Chicken Pop Corn

Bahan :

500 gr fillet ayam

1 sdt lada 
3 siung bawang putih
350 gr terigu
2 sdt kaldu bubuk 
3 butir telur ayam
garam secukupnya  
500 ml minyak goreng

Bahan pelapis:

500 gr terigu
3 sdm maizena
Kaldu bubuk secukupnya
(kaldu ayam/kaldu jamur)


Cara membuat :


Potong-potong fillet ayam sesuai jenis masakan yang ingin anda buat. Untuk chicken strip potong ayam ukuran 1x10 cm, tebal 0,5 cm. Untuk chicken katsu ayam dipotong tipis-tipis lebar kira-kira setengan telapak tangan dengan ketebalan 0,5 cm. Untuk chicken pop corn ayam dipotong kotak-kotak kecil (1x1 cm atau lebih kecil lagi) dengan ketebalan 0,5 cm juga.

Setelah ayam selesai dipotong-potong, haluskan lada dan bawang putih. Campurkan dengan ayam, beri garam, aduk rata, sisihkan. Campur terigu dengan kaldu bubuk (jika memakai kaldu jamur harus ditambah sedikit garam), taruh di satu wadah, aduk rata.  Kocok telur sampai tercampur di wadah lain.  Ambil potongan ayam, masukkan satu persatu kedalam wadah terigu, balurkan terigu ke ayam sambil ditekan-tekan agar menempel. Setelah semua ayam terbalut terigu, masukkan satu persatu kedalam wadah telur, rendam dengan telur sampai rata, jika sudah selesai semua masukkan kembali ke wadah terigu, balurkan sambil ditekan-tekan. Untuk chicken katsu, setelah memasukkan ayam kedalam telur, terakhir masukkan ke tepung roti, balurkan sampai rata. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng fillet ayam yang sudah bertepung satu-satu sampai kekuningan, angkat, hidangkan.

Cheese Chicken


Cheese chicken adalah fillet ayam yang digoreng tepung lalu disiram dengan saus keju. Bisa seukuran chicken strip, chicken katsu atau ukuran lain sesuai selera.


Bahan saus keju :


1 kotak (300 ml) susu putih cair UHT (tidak manis)

100 gr keju parut
2 sdm margarine
garam secukupnya

Cara membuat :


Panaskan margarine, masukkan susu, keju dan garam. Aduk-aduk sampai mendidih dan meletup-letup.


Penyajian : tata fillet ayam goreng tepung di atas piring, siram dengan saus keju, sajikan panas.


Chicken Nugget


Bahan nugget :


500 gr fillet ayam

1 sdt lada 
3 siung bawang putih
1 buah wortel besar (boleh diskip jika tidak suka)
1 butir telur
100 gr tepung roti halus
garam secukupnya
kaldu bubuk secukupnya

Bahan pencelup :


2 butir telur

250 gr tepung roti

Cara membuat :


Fillet ayam dipotong kotak-kotak kecil. Masukkan ke dalam blender pencincang, blender sampai halus. Jika tidak punya blender pencincang gunakan saja blender yg biasa untuk membuat jus buah, tapi harus ditambah air.

Parut wortel dengan parutan keju
Haluskan lada dan bawang putih. Campurkan ayam dengan bumbu halus, tambahkan wortel, telur dan tepung roti. Beri garam dan kaldu bubuk.
Siapkan loyang segi empat ukuran 24x24 cm dan plastik bening ukuran 40x40 cm. Alasi seluruh loyang dengan plastik (bukan hanya dasarnya), rapikan seluruh pinggirnya. 
Masukkan adonan nugget kedalam loyang, ratakan.
Lebihkan plastik dari bagian atas loyang kira-kira 3 cm supaya mudah diangkat. Potong plastik yang berlebih.
Kukus dalam panci pengukus sampai matang
Jika sudah matang, biarkan sampai dingin. Angkat seluruh plastik untuk melepaskan nugget dari loyang. Potong dengan ukuran sesuai selera. 
Kocok 2 butir telur. Masukkan nugget satu persatu ke dalam telur, lalu gulingkan di tepung roti ambil ditekan agar menempel. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kekuningan, angkat, hidangkan.
Adonan nugget yang sudah dikukus dan dipotong-potong bisa disimpan dalam kulkas atau freezer, goreng secukupnya sesuai kebutuhan.

Patty Chicken (Chicken Burger)


Patty chicken adalah daging ayam yang dijadikan isian burger. Biasanya ditambahkan tomat, ketimun, selada atau keju lembaran.


Bahan :


Sama persis dengan yang digunakan untuk adonan nugget, hanya bentuknya berbeda. Setelah seluruh bahan adonan tercampur, ambil sedikit adonan. Bulatkan kira-kira sebesar jeruk nipis, lalu pipihkan dengan kedua telapak tangan. Kalau ingin ukuran yang sama besar dan rapi, ambil adonan agak banyak, tutup dengan selembar plastik bening, ratakan dengan rolling pin atau botol, cetak bulat-bulat dengan cetakan kue atau menggunakan mulut gelas yang besar.

Kukus adonan yang sudah dicetak sampai matang. Biarkan sampai dingin. Goreng di wajan teflon dengan sedikit margarine sampai kedua sisinya berwarna agak coklat.
Jika ingin isian burger yang crispy, adonan yang sudah dikukus bisa dicelupkan kedalam telur kocok lalu balurkan di tepung terigu yang dicampur kaldu bubuk, lalu goreng.
Patty chicken yang sudah dikukus juga bisa disimpan dalam kulkas atau freezer.

Pangsit Goreng/Rebus


Bahan :


250 gr fillet ayam

1/2 sdt lada
2 siung bawang putih
garam secukupnya
kaldu bubuk secukupnya
1 sdm tepung sagu
30 lembar kulit pangsit siap pakai
sedikit sagu untuk perekat

Cara membuat :


Blender ayam sampai halus. Haluskan lada dan bawang putih, campurkan dengan ayam. Tambahkan tepung sagu, garam dan kaldu bubuk, aduk rata.

Ambil 1 lembar kulit pangsit, beri 1 sdt adonan ayam di tengahnya. Lipat dua diagonal sehingga membentuk segi 
tiga. tempelkan kedua ujungnya, rekatkan dengan sagu yang dicampur sedikit air.
Goreng pangsit dalam minyak panas dengan api sedang (untuk pangsit goreng). Untuk pangsit rebus, masukkan pangsit ke dalam panci berisi air mandidih, rebus kira-kira 5 menit. Rebus sedikit-sedikit supaya mudah mengangkatnya.
Pangsit goreng  bisa langsung dimakan dengan cocolan saus sambal atau ditambahkan ke dalam mie ayam atau mie rebus buatan sendiri. Pangsit rebus biasanya dihidangkan dengan kuah dan sawi hijau (sup pangsit) atau ditambahkan ke dalam mie ayam atau mie rebus.

Hidangan-hidangan diatas hanya merupakan sebagian keciiil saja dari yang bisa dibuat dengan fillet ayam. Masih banyak hidangan lainnya seperti siomay, dim sum, tahu lapis ayam, martabak ayam dan lain lain yang akan saya lanjutkan di lain kesempatan. Selamat mencoba !





Gambar diambil dari KFC dan Hokben






















Komentar

  1. Mbak...kesukaan anak-anak semua ini...Terima kasih resepnya ya...mau coba ah nanti:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang makanan anak-anak semua ni, kalo emaknya sih mendingan nasi pake oseng ikan peda pake jagung sama pete. Perut kampung, harus ketemu nasi, hehehe......

      Hapus
  2. Waaah resepnya menggiurkan sekali. Anakku suka banget chicken katsu. Tfs mbak

    BalasHapus
  3. Duuuh buun.. bikin ngiler aja. aku juga suka bikin olahan ayam fillet gini. Mudah banget buatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang gampang bikinnya. Kalo ayamnya dicincang lebih banyak lagi kreasi makanannya. Bisa jadi siomay, sop bola-bola ayam, sempilan, dll.

      Hapus
  4. Walaah bikin lapeerr gambarnyaa hahaha...

    BalasHapus

Posting Komentar