Siapa Mau ke Pasar Tanah Abang? Skybridgenya Sudah Bisa Kamu Nikmati Mulai Hari Ini!

Kalau mendengar kata pasar Tanah Abang, rasanya kita langsung bersemangat. Terbayang jejeran gamis-gamis dan aneka hijab cantik beraneka model dan warna sudah menanti. Mau pilih yang terpajang rapi di toko-toko dalam ruangan atau yang berseliweran di sepanjang kaki lima, semuanya sama-sama menarik
.
Bagi kalian semua Tanah Abang lovers, mulai hari ini perjalanan kalian menuju pasar Tanah Abang menjadi lebih mudah. Ada yang tahu kenapa? Ya, betul. Mulai hari ini skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JMP) sudah mulai beroperasi. Skybridge adalah jembatan penghubung yang akan menghubungkan stasiun kereta api Tanah Abang dengan seluruh blok-blok di pasar Tanah Abang.
.
Untuk pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek, adanya skybridge ini tentu sangat memudahkan. Jika sebelumnya kita harus berjalan kaki cukup jauh dari stasiun kereta Tanah Abang menuju ke semua blok di pasar Tanah Abang,, maka sekarang menjadi mudah karena sudah langsung terhubung dengan adanya Skybridge.

Seperti kita ketahui, kereta api adalah sebuah moda transportasi anti macet dengan harga murah. Layanan kereta commuter line yang tadinya hanya menjangkau Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) saja, saat ini sudah meluas sampai ke Rangkasbitung, Banten. Tarif kereta dari stasiun Tanah Abang sampai ke stasiun Rangkasbitung juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 8.000,-

Skybridge yang pembangunannya dimulai sejak bulan Agustus tahun ini memang belum sepenuhnya selesai, baru sekitar 75%. Bagian-bagian yang belum selesai akan dirampungkan semuanya pada akhir bulan Oktober ini. Nantinya skybridge ini akan berbentuk melingkar mulai dari stasiun kereta Tanah Abang menuju ke blok G, bllok E, blok A, blok B dan kembali lagi ke stasiun kereta Tanah Abang.

Selama pembangunan skybridge ini banyak pedagang di Tanah Abang yang terkena imbasnya. Mulai dari larangan berjualan sampai pemindahan lokasi berjualan. Pembangunannya juga sudah banyak menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Seperti kita ketahui, persoalan penataan pedagang kaki lima di pasar Tanah Abang merupakan masalah yang belum benar-benar terselesaikan walaupun Gubernur di Jakarta sudah berkali-kali mengalami penggantian.

Menurut rencana, saat sudah benar-benar selesai nanti, akan ada  100 pedagang yang diizinkan berjualan di skybridge ini. Akan diadakan pengundian dari  sekitar 400 lebih pedagang yang berminat. Bagaimana dengan sisanya? Yah.....mungkin masih tetap berjualan di sekitar pasar Tanah Abang sambil main kucing-kucingan dengan Satpol PP

Apapun masalah seputar pasar Tanah Abang yang berkembang di luar sana, bagi kita emak-emak Tanah Abang lovers, tentunya adanya skybridge ini kita sambut dengan gembira. Semakin ringan langkah kita menuju pasar Tanah Abang.

Sebelum pergi ke pasar Tanah Abang dan mencoba skybridgenya, ada baiknya kalian mengetahui sedikit tips agar sukses berbelanja di pasar Tanah Abang, sebagai berikut :

1. Kenakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman.

Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat. Tidak semua gedung yang berupa blok-blok di pasar Tanah Abang menggunakan pendingin ruangan. Saat berjalan kaki dari gedung satu ke gedung lainnya kalian harus melewati jalan dengan suasana hiruk-pikuk dengan udara cukup panas, apalagi menjelang lebaran.

Berjalan dalam satu blok saja di pasar Tanah Abang sudah cukup melelahkan, misalnya saja blok A yang terdiri dari 12 lantai, apalagi menjelajahi blok B,an blok-blok lainnya. Alas kaki yang datar dan nyaman akan sangat membantu.

2.  Budayakan untuk Bertanya

Suasana di dalam pasar Tanah Abang sangat padat dengan deretan toko-toko yang menjual berbagai barang dagangan. Walaupun saat ini google map sudah menjangkau sampai ke dalam pasar Tanah Abang, tidak berarti mudah untuk menemukan barang atau toko yang kita inginkan. Kita bisa bertanya kepada pelayan toko, satpam atau petugas kebersihan jika ingin mencari sesuatu. Jangan bertanya pada sesama pengunjung karena mereka belum tentu tahu.

3. Lihat Informasi di Depan Lift

Jika ingin mencari suatu barang atau ingin tahu apa saja yang dijual di setiap lantai, lihat saja informasi yang ada di depan setiap lift.

4. Cara Menemukan Toko yang Sudah Kita Datangi

Ada kalanya kita ingin kembali ke sebuah toko yang sudah kita datangi untuk membeli sesuatu. Saat kembali lagi kita tidak berhasil menemukan toko tersebut. Untuk menghindari kejadian seperti ini, jika ada toko yang menarik bagi kalian, catat atau foto saja alamat dan nomor toko tersebut yang ada di bagian depan toko. Misalnya, toko Amanah, los AKS 124,  blok B lantai dasar.

5. Pergunakan Jasa yang Disediakan oleh Toko

Sebagian besar toko di pasar Tanah Abang menyediakan jasa untuk mempermudah kalian berbelanja, seperti, membawakan barang sampai ke mobil (jika belanja dalam jumlah besar) atau mengepak dan mengirimkan barang dengan kurir. Toko-toko seprai bahkan menyediakan jasa menjahitkan seprai yang kalian beli dengan biaya terjangkau.

6. Selalu Bawa Daftar Belanjaan

Berbelanja dengan membawa daftar barang yang akan dibeli sangat berguna dalam pasar super lengkap seperti Tanah Abang. Jika tidak,  kalian akan tergoda untuk membeli barang-barang yang kurang diperlukan dan kehabisan uang untuk membeli barang yang diperlukan.

7. Selalu Jaga Barang-barang Pribadi

Sudah rahasia umum bahwa banyak copet berkeliaran di pasar Tanah Abang apalagi saat  pengunjung penuh sesak. Tempatkan tas berisi dompet dan ponsel dengan posisi selalu di bagian depan badan kalian. Jika memakai rok atau celana panjang, masukkan dompet ke dalam kantong samping rok atau celana lalu tutupi dengan blus yang panjang dan longgar 

Biasanya copet tidak menyasar  kantong celana atau rok wanita,  mereka lebih sering menyilet atau merogoh tas. Waspadai orang yang berdiri terlalu menempel dengan kalian. Jangan salah, copet di pasar Tanah Abang tidak selalu laki-laki berpenampilan kumuh, tetapi bisa juga wanita yang rapi dan berjilbab!

Yap, sudah lengkap semua. Tinggal siapkan amunisi yang cukup sebagai bekal untuk mencoba skybridge dan bertualang di pasar Tanah Abang.




Komentar

  1. Balasan
    1. Yuuuk.......saya juga kepengen nyobain skybridgenya.

      Hapus
  2. Budayakan bertanya, suka bun... Biar gak nyasar

    BalasHapus
  3. waktu masih di jakarta dulu, saya termasuk pecinta tanah abang, xixixixiii

    www.innaistantina.com

    BalasHapus
  4. Terakhir ke tanabang 2002
    Rada parno karena banyak copet
    Tapi perlu dicoba lg nih
    Pengin kepo setelah baca tulisan ini
    Tengss mbaa

    BalasHapus
  5. dari dulu pengen ke tanah abang, tapi belum kesampaian juga:)

    BalasHapus
  6. Ajakin aku kesana dong, pengen deh...

    BalasHapus
  7. Makin keren saja ini tanah abang ya, mba. Semoga dengan skybird ini bisa lebih tertata rapih.

    BalasHapus
  8. pengin banget main ke Tanah Abang sekali kali
    tapi mungkin kalap dan tepar ya kalau udah di sana

    BalasHapus
  9. Kemarin waktu tanding nasional, saya mampir ke tanah Abang. Dah capek-capek nawar, eh salah tempat. Rupanya bloknya khusus yang jual grosiran

    BalasHapus
  10. Beberapa kali ke Jakarta tetapi belum pernah ke Tanah Abang. Semoga nanti bisa mampir di sana.

    Betewe masalah cari-cari toko yang sudah dikunjungi tapi lupa itu saya banget deh. Terima kasih tipsnya ya..

    BalasHapus
  11. Wah boleh banget nih tips ke tanah abangnya hehe

    BalasHapus
  12. Jadi gampang ya Kalo mau ke Tanah Abang, tapi keamanannya ditinggalkan juga dong jadi makin nyaman ke Sana.

    BalasHapus

Posting Komentar