Kue Pukis Santan

Pekan Kue Kampung, Hari Kelima
Kue Pukis Santan
Halooo.......kue kampung lovers,
Ada yang suka kue pukis? Itu tuh yang sering dijual di pasar, perempatan jalan atau di toko-toko kue. Kadang-kadang abang penjualnya langsung membuatnya di depan pembeli, diangkat panas-panas dari bakaran pukis dari besi kuno.
Kelihatannya semua pukis sama saja rasanya ya, padahal nggak banget. Rasanya beda-beda, walaupun bentuknya sama. Kadang-kadang kita sering merasa kecewa karena kue pukis yang kita beli ternyata rasanya tidak sesuai harapan.
Kalau ada kue pukis yang enak, gurih, lembut dan manis walaupun nggak pake pemanis, pada mau apa nggak? Kalau mau,  yuk......... kita buat sendiri.
Pukis yang akan kita buat ini bahan-bahannya asli. Manisnya dari gula asli, gurihnya dari santan kental dan wanginya dari daun pandan. Untuk tambahan rasa, boleh ditambah pisang, nangka, keju atau chocolate chips.
Bentuknya juga bisa macam-macam, nggak harus mainstream banget kayak abang-abang. Bisa bulat-bulat kecil seperti takoyaki atau bentuk hati dan bunga seperti kue cubit. Kue ini juga lumayan awet lho, kalau dibuat hari ini, sampai besok rasanya nggak akan berubah.
Karena pukis ini jenis kue yang adonannya perlu dibuat mengembang, maka kue yang dihasilkannyapun menjadi banyak. Senangnya lagi, anak-anak biasanya suka sekali  membuatnya, soalnya berasa lagi bantuin tukang kue cubit yang mangkal di depan sekolah mereka.
Sudah siap semua? Yuk, langsung mulai......
Kue Pukis Santan
Bahan :
500 gr terigu segi tiga, ayak
250 gr gula pasir
3 butir telur
½ bungkus fermipan
3 gelas (750 ml) santan sangat kental
150 ml air kelapa
125 gr margarine
100 ml minyak goreng
3 lembar daun pandan
Pisang raja, nangka, keju dan chocolate chips untuk isian
Cara membuat :.
Santan dimasak dengan daun pandan, biarkan sampai dingin.
Campurkan fermipan dengan air kelapa.
Margarine dicairkan. Cukup sampai cair,  bukan sampai mendidih.
Kocok telur dengan gula sampai naik dan berjejak (10 menit). Matikan mixer lalu masukkan fermipan dan santan. Aduk dengan sendok kayu. Terakhir masukkan margarine bergantian dengan terigu. Diamkan adonan selama satu jam.
Potong-potong pisang, nangka, keju dan chocolate chips
Panaskan cetakan pukis/takoyaki/kue cubit di atas kompor. Sapukan minyak goreng dengan kuas ke seluruh lubang cetakan.
Masukkan adonan dengan sendok sayur ke lubang cetakan  kira-kira 3/4 penuh. Tambahkan bahan isian. Jaga api jangan terlalu besar. Jika sudah setengah matang, balikkan adonan. Lakukan sampai adonan habis.
Tips dan Trik :
Gunakan santan dari kelapa asli, bukan santan instan. Santan harus sangat kental supaya rasa kuenya gurih.
Selain menggunakan cetakan diatas kompor, kue pukis bisa juga dibuat dengan alat pemanggang roti listrik yang ada tutupnya, dengan hasil kue berbentuk segi tiga seperti roti bakar.
Jika memanggang pukis dengan cetakan takoyaki atau kue cubit diatas kompor, alasi cetakan dengan seng tebal (bisa juga seng dari bekas loyang) supaya kue tidak cepat hangus.











Komentar

  1. ee.. pas lagi makan kue pukis jg nih. terimakasih resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bikin deh pukisnya, dijann lebh mantap daripada beli di abang-abang....

      Hapus
  2. Cantik sekali kue pukis yang bulet di atas hehe jadi galfok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin yang bulet pake cetakan takoyaki. Enak banget ada rasa gurih santannya. Jadi pukisnya juga banyaaak banget.

      Hapus
  3. Ya ampun Mba, lapar liatnya, anak pertama saya paling suka pukis Mba, tapi saya belum punya cetakannya, jadi pengen beli deh rasanya, lumayan buat bikin kue pukis buat sarapan, soalnya dia sering banget minta beliin di pasar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, enak banget ini dan jadinya juga buanyak banget. Ayo coba bikin, pake cetakan kue cubit yang murahan dari beai tipis kayak abang-abang kue cubit juga bisa ...

      Hapus

Posting Komentar