Kue Dadar Gulung Bermotif Isi Srikaya

Teman-teman semua pasti sudah kenal kan sama kue dadar gulung? Biasanya warnanya hijau dan isinya kelapa unti. Kue dadar gulung yang akan kita buat sekarang ini isinya bukan unti, tapi srikaya.  Aslinya kue ini asalnya dari Aceh, namanya timphan balon.

Isian srikaya untuk kue ini dibuat dari santan kelapa, gula dan telur yang diberi warna hijau dari daun pandan dan daun suji.

Kulit dadarnya yang biasanya hijau juga bisa dimodif lho, bisa garis-garis, bola-bola atau coret-coretan abstrak. Gampang kok, ada caranya

Rasanya gimana? Wah, sudah pasti lebih enak dari yang isi kelapa unti. Nggak percaya? Yuk, kita buktiin. Langsung bikin yaaa....

Kue Dadar Gulung Isi Srikaya

Bahan dadar :

250 gr terigu
2 butir telur
500 cc santan yang sudah dimasak
2 sdm margarine dicairkan
½ sdt garam
100 ml minyak goreng

Bahan Srikaya :

4 butir telur ayam ukuran besar
175 gr gula pasir
1 sendok makan terigu
200 cc santan sangat kental yang sudah dimasak
10 lembar daun suji
5 lembar daun pandan
1/2 sendok teh vanili
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :

Buat kulit dadarnya. Campurkan semua bahan kecuali minyak goreng. Aduk dengan sendok  kayu atau dengan mikser. Adonan tidak boleh terlalu kental supaya kulit dadarnya tidak tebal. Jika masih terasa kental, tambahkan air.

Olesi wajan teflon dengan sedikit minyak goreng, sebaiknya disapukan dengan kuas sampai rata.

Tuang 1 sendok adonan lalu ratakan sampai sampai menutup seluruh permukaan wajan. Gunakan api kecil. Balik sekali lalu angkat. Jika hasil kulitnya masih terlalu tebal bisa ditambahkan air lalu aduk kembali.

Buat semua kulit dadar sampai adonan habis. Biarkan sampai dingin.

Buat isi srikaya.  Gunting daun pandan dan daun suji menjadi pendek-pendek (1 cm). Tumbuk-tumbuk lalu tambahkan sedikit santan kental tadi. Peras airnya. Boleh juga potongan daun tadi diblender dengan separuh santan kental lalu peras dan saring airnya. Blender sebentar saja karena kalau terlalu halus akan menjadi pahit. Air perasan yang berwarna hijau dicampurkan kembali dengan sisa santan. Ukur menjadi 250 cc.  Ambil sesendok terigu, cairkan dengan sedikit santan kental lalu campurkan dengan seluruh santan. Sisihkan.

Pecahkan 4 butir telur, tambahkan gula pasir dan vanili (takaran gula bisa dikurangi  sedikit jika tidak suka terlalu manis). Kocok dengan mixer berkecepatan tinggi sampai gula larut (3 menit). Masukkan santan hijau. Kocok 1 menit lagi, matikan mixer.

Tuang adonan srikaya ke dalam loyang atau wadah plastik berbentuk persegi. Kukus sampai matang kira-kira 15 - 20 menit. Potong-potong adonan dengan sendok supaya mudah diisi ke dalam kulit dadar.

Ambil selembar kulit dadar, isi dengan 2 sdm adonan srikaya. Lipat berbentuk amplop panjang lalu gulung sambil dipadatkan. Dadar isi srikaya siap dinikmati.

Tips dan trik :

Untuk membuat adonan srikaya, santan harus sangat kental. Jika tidak, srikayanya akan terlalu lembek dan rasanya kurang gurih.

Cara membuat kulit dadar bermotif :

Untuk motif garis-garis, bagi adonan menjadi dua, beri warna berbeda. Masukkan adonan ke dalam botol air mineral lalu lubangi tutupnya.

Isi adonan merah ke dalam botol. Panaskan wajan teflon, beri minyak.
Balikkan botol sehingga posisi tutupny ada di bawah. Semprotkan adonan merah perlahan-lahan ke dadar melalui lubang di tutup botol. Coretkan berbentuk garis panjang-panjang ke wajan teflon.

Tuang adonan hijau sampai menutupi seluruh garis-garis merah. Balik sebentar, angkat.

Unruk motif bola-bola, adonan merah disemprotkan setetes demi setetes di dasar wajan. Tuang adonan hijau sampai menutupi seluruh titik-titik atau bola+bola merah. Balikkan sebentar dan angkat.

Untuk motif coret-coretan abstrak, Semprotkan adonan merah dengan pola acak seperri coret-coretan ke dasar wajan. Tuangkan adonan hijau sampai menutupi seluruh coretan abstrakm Balikkan sebentar lalu angkat.





Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah cantik banget kuenya mbak... Dari dulu saya sering gagal bikin kulit dadar ini, hihihi... Emang saya gak bakat bikin kue kali ya... Tapi tetep aja penasaran pengen nyoba bikin, apalagi liat kulit dadar yg cantik bgt gitu, jd semangat pengen nyoba bikin.
    Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  3. Kelihatannya mudah, ya bikin darlung. Tapi ternyata perlu latihan juga nih kayaknya, trimkasih triknya mbak.

    BalasHapus
  4. Itu kue atau lukisan mbak, bagus banget tampilannya.
    Saya termasuk g suka masak, tp suka makan 😀.
    Boleh dong di kirimin 😅.

    BalasHapus
  5. Tampilannya cantik, jadi sayang untuk dimakan

    BalasHapus
  6. Wah cantik2 motifnya, jadi sayang buat dimakan hehe.. kreatif bgt..

    BalasHapus
  7. Masyaallah lucu banget kue nyaaaaa... aku jadi sayang mau makan kue yang warna-warni gitu. Tapi jadi pengen bikin juga deh mba, hihi ^^

    BalasHapus
  8. Klo darlung nya cantik gitu mn tega makannya 😅
    Thanks tipsnya boleh nih dicoba 😍

    BalasHapus
  9. Ya Allah itu makanan apa baju sih, kok full colour gitu. Jadi laper kan

    BalasHapus
  10. Ya ampun, cantik banget tuh dadar gulung. Saya kok jadi enggak tega makannya. Hihi ...

    BalasHapus
  11. Rajiiinnya Mbak, telaten bingit bikin motifnya kalo aku wes angkat tangan keburu bocil teriak hehehe

    BalasHapus
  12. Menggoda bangett
    Menarikk
    Tp harus telaten y mb ni bikinnya

    BalasHapus
  13. Pernah bikin dadar gulung tapi kalo yang bermotif belum pernah. Cantik, ya. Harus telaten juga, tuh. Kapan2 nyoba ah

    BalasHapus

Posting Komentar