Kue Putu Aceh dengan Kuah Pisang dan Nangka




Hai temans,

Kalian pasti sudah kenal ya dengan kue putu mayang ala Betawi? Itu lho yang bentuknya seperti mie berwarna merah dan hijau lalu disiram dengan kuah santan dan gula merah.

Di daerah Aceh, putu semacam ini  juga dikenal. Bedanya, putu versi Aceh dibuat dengan  cetakan khusus yang menghasilkan bentuk putu yang seperti setumpuk bihun, bukan seperti mie. Putu Acehpun tidak diberi warna, hanya putih sesuai warna tepung beras.

Yang membuat rasanya lebih mantap, putu Aceh ini disiram dengan kuah berisi pisang dan nangka, seperti kolak tapi memakai gula putih. Kebayang kan rasanya saat  putu yang gurih dan lembut berpadu dengan manisnya pisang dan harumnya nangka?

Kalau penasaran dengan rasanya, silakan coba membuatnya dengan resep anti gagal di bawah ini.


Kue Putu Kuah Pisang dan Nangka

Bahan putu :

250 gr tepung beras
2 sendok makan tepung sagu
500 cc air
Garam secukupnya

Bahan kuah :

5 - 7 buah pisang raja
10 - 15 mata nangka
500 cc air
500 cc santan kental
200 gram gula pasir
Garam secukupnya
3 lembar daun pandan
Daun pisang  secukupnya

Cara membuat :

Siapkan tepung beras dalam wadah yang agak besar, campur dengan garam.
Masak air sanpai mendidih lalu tuangkan sedikit demi sedikit keatas tepung beras sambi diaduk dengan sendok kayu. Aduk dengan cepat dan kencang, tekan-tekan dengan bagian belakang sendok agak lama sampai  adonan kira-kira sudah bisa dibentuk. 

Hati-hati ketika menuang air panas jangan sampai terlalu banyak karena adonan akan menjadi lembek (air tidak harus dihabiskan semua. Teruskan  membolak-balik adonan beberapa lama agar kue tidak kaku.

Masukkan adonan kedalam cetakan kue putu sampai cetakan hampir penuh. Siapkan selembar daun pisang dengan bagian dalam menghadap ke atas. 

Putar cetakan kue atau tekan dengan kedua tangan jika menggunakan cetakan yang ditekan. Cetak satu persatu keatas daun. 

Kukus adonan selama kurang lebih 5 menit. Jika kue kelihatan sudah licin dan mengkilat, segera angkat. Jika terlalu lama maka kue akan nenjadi pipih dan tidak bertingkat/berongga. Kue putu yang sukses adalah yang teksturnya lemas, jika diangkat dari pinggirnya bisa digoyangkan.

Untuk membuat kuah, potong-potong pisang secara serong/miring. Potong-potong nangka agak panjang-panjang.

Masak pisang dan nangka dengan air, garam, gula dan daun pandan. Jika pisang sudah hampir matang masukkan santan. Aduk terus agar santan tidak pecah. Angkat dan hidangkan.

Cara penyajiannya dengan menaruh beberapa putu kedalam piring lalu siram dengan kuah pisang dan nangka.

Tips dan trik :

Saat membuat adonan untuk putu, tepung beras harus disiram dengan air mendidih dan langsung diaduk cepat-cepat. Tidak boleh menambahkan air panas berkali-kali karena adonan menjadi lembek dan sulit untuk dicetak.

Selain memakai daun pisang, kue putu ini bisa juga dicetak di atas semacam piring dari anyaman bambu atau lidi yang diolesi dengan minyak goreng.








Komentar