Membuat Ayam Kremes ala Restoran

Kremesan Ayam Renyah ala Restoran

Ayam goreng adalah makanan sejuta umat, maksudnya hampir semua orang suka. Kreasi makanan dari bahan dasar ayam goreng juga sangat banyak, seperti ayam geprek. ayam penyet atau ayam kremes. Kali ini kita tidak akan membuat ayam gorengnya, karena semua orang rasanya sudah tahu cara membuat ayam goreng, baik yang diungkep sebelumnya ataupun yang langsung digoreng. Kalau malas menghaluskan bumbu ungkepnya juga nggak masalah, banyak kok bumbu ungkep ayam yang siap pakai. 

Jadi, kita mau bikin apanya? Bikin kremesan ayamnya dong! Pasti nanti ada yang protes, "Ah, beli jadi juga banyak kok. Udah siap dalam stoples, tinggal lep! Tapi kan harganya lumayan mahal. Di restoran ayam goreng di daerah Tebet, Jakarta, dekat rumah saya aja harga satu stoples kremesan ayam sampe 20 ribu. Mending kalo stoplesnya gede, ini mah kecil dan kurus. Mendingan coba bikin sendiri, yuk! 

Saya baru aja nyoba recook resepnya Cik Tintin Rayner dan ternyata sukses, sodara-sodara! Kremesan ayamnya renyah, ringan dan tahan sampe berhari-hari. Jadi lebih baik simpan saja uang 20 ribu kalian yang tadinya mau kita belikan kremesan ayam di restoran. Mendingan uangnya buat beli bahan-bahan untuk bikin kremesan sendiri, dijamin bisa jadi berstoples-stoples! 

Dalam resep ini saya sertakan juga ukuran bahannya jika menggunakan sendok makan, supaya bisa tetap bikin walaupun nggak punya timbangan kue. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya jangan cuma baca resepnya tapi pelajari juga triknya supaya tidak ada kesalahan. Yuk langsung lihat resepnya ...

Kremesan Ayam Renyah ala Restoran

Bahan :

13 sdm sagu tani (resep aslinya pake 125 gr sagu merk Alini)
2 sdm munjung tepung beras
1/2 gelas santan kental matang (aslinya pake 100 ml Kara)
1/2 sdt baking powder
1 kuning telur
3/4 gelas air (aslinya pake 200 ml air)
4 sdm bumbu sisa mengungkep ayam
500 ml minyak goreng

Cara membuat :

Campur semua bahan kecuali minyak goreng, aduk rata.
Panaskan minyak goreng, Bawa mangkuk berisi adonan tepung ke atas minyak lalu ambil adonan dengan tangan dan langsung masukkan ke atas minyak panas dengan gerakan memutar. Biarkan adonan di dalam minyak sampai berwarna agak kuning lalu balikkan. Setelah kedua sisi kremesan berwarna kekuningan (jauh banget yak? sampe ke Kuningan) angkat kremesan ayam dan tiriskan, Masukkan ke dalam stoples jika sudah benar-benar dingin.

Tips dan trik :

Adonan kremesan ayam ini berbentuk sangat cair (encer) tidak seperti tepung untuk menggoreng pisang. Jika memakai bumbu ungkep ayam yang cair maka penggunaan air harus dikurangi.

Saat menuangkan adonan dengan tangan, posisinya harus agak tinggi dia atas minyak (kira-kira 20 cm) supaya hasil kremesannya bagus.

Jangan mengaduk-aduk adonan  di dalam minyak, cukup balikkan sekali saja kecuali jika kalian lebih suka kremesan ayam yang hancur.

Selalu tiriskan kremesan ayam setelah digoreng dan pindahkan ke atas kertas nasi (bagian yang tidak mengkilat) untuk menyerap minyak.

Kremesan ayam ini bisa juga dibuat walaupun tidak punya bumbu sisa mengungkep ayam. Ganti saja bumbu ungkepnya dengan kaldu bubuk instan.

Selamat membuat kremesan ayam yang enak dan renyah. Selain dimakan sendiri, ayam kremes bisa juga lho untuk mengisi pesanan nasi boks, tinggal tambahkan lalap dan sambal. Kabar baiknya lagi, kremesan ayam ini  disukai juga oleh anak-anak.



































memutar









Cra membuat


1/2 sdt garam
500













bahan


Komentar

  1. Kremesan Ayam Renyah ini sangat mengoda ...bikin mau melahap gambarnya, hahaha...

    Kalau masih hangat, rasanya pasti makyussss.....

    Walau Ayam goreng makanan sejuta umat, tapi kok saya jarang makan daging ayam, makannya juga kalau pas lagi Kondangan Mbak, hahaha.......

    Maklum wong deso, kenalnya cuma Daun SINGKONG Rebuzzzz, Hahahahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini rasanya emang enak dan renyah banget biarpun udah nggak anget lagi. Kayak makan peyek gitu loh, nggak perlu anget. Saya juga lebih doyan daun singkong ama daun paya daripada ayam. Udah bertahun-tahun jualan dan terima pesenan nasi boks ayam bakar jadi udah nggak sanggup lagi makan ayam. Kebayang capeknya waktu nyuci ayam potong buat 150 boks nasi . Makasih udah mampir, Kang Nata.

      Hapus

Posting Komentar