Membuat Bakwan Jagung yang Cantik dan Kriuk

Hai temans,

Camilan apa yang rasanya enak, gurih dan selalu ada di mana-mana, baik versi rumahan atau versi abang-abang gorengan? Ya, benar, nggak salah lagi, itu adalah bakwan. Camilan yang satu ini punya banyak sekali varian. Ada bakwan tauge, bakwan jagung, bakwan oncom, sampai bakwan daun singkong. Hah? Nggak salah tuh? Emang dan singkong bisa dijadiin bakwan? Bisa dong dan rasanya enak banget. Tapi bukan itu yang mau kita bahas kali ini.

Pernah nggak sih kalian ngerasa kalau bakwan atau gorengan yang kita beli itu kriuk atau garingnya bisa tahan lama? Kok yang kita bikin sendiri cepet banget jadi lemesss? Kita juga bisa lho bikin gorengan kayak abang-abang yang kriuknya tahan lama walaupun nggak pake plastik atau sedotan seperti yang sering ditayangkan di tivi. Mau tau rahasianya?

Caranya gampang banget, sodara-sodara. Cukup tambahkan sesendok penuh blue band ke dalam adonan bakwan kalian. Boleh bakwan apa saja. Misalnya, bakwan jagung seperti dalam gambar. Bahannya adalah jagung manis, terigu, sedikit tepung beras, daun bawang, lada dan bawang putih. Sebelum ditambah air, masukkan sesendok penuh blue band.

Berapa ukuran blue bandnya? Untuk semangkuk adonan bakwan (ukuran mangkuk bakso gambar ayam jago) blue bandnya cukup sesendok penuh. Supaya cantik tambahkan cabe merah yang dipotong tipis-tipis serong. Supaya lebih berasa jagungnya, jangan terlalu banyak menambahkan terigu ke dalam adonan.

Setelah digoreng, bakwan akan terlihat lebih bagus bentuknya dan kriuk saat digigit tetapi tetap empuk dan renyah di dalam. Bukan hanya bakwan, cara ini juga bisa digunakan untuk membuat tempe goreng tepung.


Komentar

  1. Saya biasanya pakai di pisang goreng mba, selalu ditambahin ama blueband, sama baking powder.
    Kalau di bakwan jagung belum pernah nyobain sih.

    Nanti saya coba deh, mau bikin juga gara-gara liat ini, jadi ngiler, siapa tahu anak-anak makin lahap makannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat segala macem bakwan juga enak ditambahin blue band. Kalo pisang goreng saya suka yang krispy ada remah-remahnya kayak pisang Pontianak gitu. Pake tepung beras, sagu sedikit sama air kapur sirih.

      Hapus

Posting Komentar