Kue Adee


Hai temans,

Resep ketiga dari buku Kumpulan Resep Kue Tradisonal Khas Aceh adalah kue Adee, yang terbuat dari terigu, santan, gula dan telur. Rasanya sangat enak, manis dan gurih dengan aroma harum dari adas manis dan bawang goreng.

Cara membuatnya cukup mudah dan cepat hanya saat memanggangnya perlu sedikit ketelitian karena harus menggunakan api atas dan bawah. Untuk mencoba membuatnya, silakan ikuti resep di bawah ini.

Kue Adee

5 butir telur ayam
1½ gelas terigu (ukuran gelas untuk  250 cc air)
3½ gelas santan kental yang sudah dimasak
1 gelas penuh gula pasir, kurangi 2 sdm
1 sdt garam
3 siung bawang merah
1 sdm munjung mentega
Sedikit mentega & terigu untuk mengoles loyang
1 sdt adas manis halus ( didapat dari adas manis utuh yang disangrai dan dihaluskan)

Cara membuat :

Iris tipis-tipis bawang merah
Siapkan wajan, panaskan 1 sdm mentega, masukkan bawang merah iris. Tumis sebentar sampai agak kuning.

Siapkan wadah. Masukkan telur dan gula, mixer sebentar sampai gula hancur. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantiqn dengan  santan. Terakhir masukkan adas manis. Aduk rata.

Siapkan loyang persegi uk. 22 x 22 cm atau loyang bulat diameter 28 cm. Olesi seluruh loyang dengan mentega dan terigu. Masukkan adonan kedalam loyang. Taburkan bawang goreng bersama mentega sisa menumis bawang keatas adonan.

Panaskan oven diatas kompor selama 15 menit. Setelah panas masukkan kue ke dalam oven. Bakar kira-kira 40 menit sampai agak coklat. Matikan kompor.

Untuk mematangkan bagian atas kue, taruh arang yang sudah menyala di bagian atas oven lalu kipasi selama 10 menit dampai bagian atas kue menjadi matang dan kecoklatan.

Selain dengan oven, kue ini bisa juga dimatangkan dengan kuali dari tanah liat yang diisi pasir. Diatas pasir baru diletakkan kue yang akan dibakar. Untuk mematangkan bagian atasnya, kuali ditutup dengan seng yang diatasnya diberi arang menyala.

Cara memanggang kue adee seperti masih banyak dilakukan di Aceh dan menghasilkan kue yang matang sempurna seluruh bagiannya.

Tips dan trik :

Saat menumis bawang, jangan sampai terlalu matang seperti membuat bawang goreng. Cukup sampai agak kuning karena akan menjadi semakin kuning ketika dipanggang.

Untuk mematangkan bagian atas kue, cara mudah membuat arang menyala adalah dengan menaruh arang di bakaran ikan lalu dibakar diatas api kompor.

Kue adee bisa juga dibuat dengan wajan teflon yang tebal atau happy call. Buat setengah resep saja agar tidak terlalu tebal dan matang merata. Untuk mematangkan bagian atasnya tinggal dibalik saja dan matangkan sebentar lagi.

Kue adee ini mempunyai banyak varian seperti adee singkong, adee kentang atau adee ubi, yang akan dibahas lebih lanjut dalam buku resep.










                       


Komentar

  1. Lucu ya namanya mba, kue Adee, kayak nama suami saya hahaha.
    btw saya punya oven tanggung di rumah yang pake gas.
    Di bagian atasnya ada tempat apinya juga, kayaknya pas ya bikin kue ini, bisa panas segala arah.
    Cuman saya masih sering bingung kalau manggang kue selalunya gosong hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar