MEMBUAT POP CORN KARAMEL

Pop corn selalu kita ingat sebagai cemilan untuk menemani kita nonton di bioskop. Biasanya belinya di gerai makanan yang ada di samping mbak-mbak yang jual karcis. Kenapa cuma pop corn yang dianggap pas buat dicemilin di bioskop? Nggak tau deh dulu gimana sejarahnya, padahal kacang bawang sama keripik-keripikan juga enak buat temen nonton, ya kannn?

Sekarang ini pop corn tampil dengan berbagai rasa, nggak kayak jaman dulu, rasanya cuma asin doang. Sekarang dong ada yang rasa karamel macam-macam warna, ada juga yang rasa coklat dan capuccino.

Kalau kita beli pop corn di bioskop atau mal, harganya lumayan mehong.  Mendingan bikin sendiri aja, murah dan gampang banget. Supaya lebih ngirit lagi, kalau pop cornnya udah jadi, tempatin di dalam karton berbentuk kerucut (biar sama kayak yang beli)  terus nonton  filmya di tipi rumah aja. Tutup hordeng jendela, matiin semua lampu, terus nonton deh sambil megang pop corn. Pasti berasa kayak lagi nonton film di bioskop XXI.

Sebelum kelamaan ngehayal ada di bioskop, ayo bikin dulu pop cornnya pake resep ini nih ...
.

POP CORN KARAMEL

Bahan:

2 genggam jagung pop corn
2 sdm margarine
3 sdm gula pasir

Cara membuat:

Siapkan wajan  teflon. Panaskan margarine sampai cair, lalu kecilkan api sampai  sekecil mungkin. Masukkan jagung pop corn dengan cara disebar supaya matangnya rata lalu tutup teflon.

Setelah itu akan terdengar bunyi bleduk-bleduk tanda jagung sudah merekah. Goyang-goyangkan teflon. Setelah bunyinya berhenti lalu matikan api. Tuangkan pop corn ke dalam mangkuk

Masukkan gula pasir ke dalam teflon. Masak dengan api sangat kecil tanpa diaduk. Jika seluruh gula sudah mencair, beri sedikit pewarna sambil diaduk-aduk. Segera masukkan pop corn sambil diaduk cepat-cepat sampai rata. Lapisan karamel pada pop corn akan terlihat masih agak meleleh. Jangan khawatir karena saat panasnya berkurang pop corn karamel akan menjadi garing dan renyah.

Untuk rasa coklat atau capuccino, tinggal cairkan cokelat bubuk atau capucino bubuk dengan sedikit air panas (kira-kira 3 sdm) lalu masukkan ke dalam gula yang sudah mencair. Tidak perlu lagi diberi pewarna.

Supaya tahan lama, pop corn karamel harus disimpan dalam stoples bertutup rapat. Jika tidak ada wajan teflon, pop corn bisa dibuat dalam panci biasa asalkan bertutup rapat. Karamel bisa dibuat dalam wajan besi biasa lalu masukkan pop cornnya dan aduk cepat-cepat. Wajan teflon yang dipakai adalah yang besar dan agak dalam, bukan yang kecil buat bikin telur ceplok.

Supaya lebih jelas, wajan teflonnya saya fotoin sekalian. Tunggu apa lagi? Yuk pada bikin semuanya ...






Komentar

  1. Aku baca artikel ini kok ...jadi keingetan pengalaman pertamakali nyobain praktek bareng adikku bikin popcorn di .. wajan.

    Karena lupa kalo popcorn pas matangnya loncat2 ...,kami ngga pakai penutup panci makaaa .. butir2an pop corn rame berhamburan kemana2, udah kayak perang 😂.
    Kami berloncatan gk karuan 🤣🤣

    BalasHapus
  2. Mbaaa, saya udah berkali-kali coba, dan gagal Mba hiks.
    Dari yang gosonglah, matang separuh lah.

    Saking kesalnya abis bikin saya langsung belain ke supermarket buat beli popcorn yang dijual di sana hahahaha

    Tapi sejujurnya masihpenasaran mau cobain lagi :)

    BalasHapus

Posting Komentar